Masyarakat Desa Legung Timur

Friday, July 28, 2017

MENINGKATKAN DAYA JUAL IKAN DI LEGUNG TIMUR DENGAN MENJADIKAN KRUPUK YANG DIGEMARI MASYARAKAT

Desa legung timur memang terletak pada pesisir utara pulau Madura, sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan, dengan hasil laut yang cukup melimpah. Ikan hasil tangkapan biasanya dipasarkan dalam bentuk segar. Dan harga jualnya relatif murah ketika musim ikan sedang berlangsung, hal ini menjadikan masyarakat penghasilannya berkurang untuk kebutuhan sehari-hari apalagi melaut merupakan pekerjaan musiman layaknya petani, bahkan lebih bisa diandalkan pertanian menurut salah satu warga setempat.
Sebenarnya jika dilakukan pengolahan lebih lanjut dapat meningkatkan nilai jual produk olahan ikan tersebut dengan berbagai macam inovasi. Sebagaimana ikan sendiri dapat diolah menjadi bermacam-macam produk makanan dengan citarasa yang enak, salah satunya adalah kerupuk ikan. Seperti yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN 89 Universitas Trunojoyo Madura yang mengadakan pelatihan dan pengembangan ekonomi kreatif tentang produk olahan ikan yang dilaksanakan pada hari Minggu (23/07/2017).


 Kerupuk ikan selama ini merupakan produk makanan yang digemari oleh masyarakat, baik dikonsumsi sebagai camilan maupun sebagai pendamping waktu makan. Hal tersebut yang menjadikan krupuk ikan memiliki peluang usaha yang cukup baik dan perlu untuk kembangkan khususnya di daerah Legung Timur.  
     KANVAS (Kerupuk Ikan Varian Rasa) merupakan inovasi krupuk dengan beberapa varian rasa, varian rasa yang disajikan antara lain: rasa original, rasa balado, rasa barbeque, dan rasa pedas. Produk KANVAS di kemas secara menarik agar konsumen tertarik untuk membeli. Adapun bahan yang digunakan serta proses pembuatan Produk KANVAS adalah sebagai berikut:
Bahan:
1.      1 kg ikan cakalang
2.      2 kg tepung kanji
3.      bawang putih
4.      garam
5.      penyedap rasa
6.      air panas
7.      variasi rasa (balado, pedas, barbeque)

Cara membuat:
1.      ikan segar di rebus hingga matang kemudian di angkat dan ditiriskan.
2.      ikan yang sudah dingin kemudian di haluskan.
3.      tumbuk bumbu yang di butuhkan seperti: bawang putih, garam, penyedap rasa, kemudian campurkan dengan adonan ikan yang telah halus hingga rata.
4.      Tuangkan air pada adonan kerupuk dan aduk hingga kalis.
5.      Adonan ikan dibentuk loonjong kemudian bungkus dengan daun pisang.
6.      Kukus adonan selama 30 menit – 1 jam, angkat kemudian dinginkan selama 1 malam.
7.      iris tipis - tipis adonan yang telah dingin kemudian jemur dibawah sinar matahari sampai benar-benar kering selama 2-3 hari.
8.      Goreng krupuk dengan api sedang, kemudian tiriskan.
9.      Campur krupuk dengan varian rasa sesuai keinginan (balado, pedas, dan barbeque).
Kemas kerupuk kemudian beri label.




Adapun kelebihan produk KANVAS adalah kerupuk ini dibuat sebagai inovasi olahan ikan dengan beberapa varian rasa, produk KANVAS dibuat dengan memperhatikan mutu dan tampilan pengemasannya. Adapun kekurangannya/ kendala yang dihadapi adalah bahan utama pembuatan krupuk yaitu ikan cakalang tidak selalu tersedia setiap musim, 

1 comment:

Acha Lasya said...

Dari segi nama sih mudah diingat dan tampilannya sih oke lah.
Stoknya tolong diperbanyak lagi ya 😂