Masyarakat Desa Legung Timur

Saturday, August 5, 2017

Kondisi Geografis Desa Legung Timur Batang batang Sumenep

 Wilayah Desa Legumg Timur secara geografis berada di 11 0 BB- 11 05’ BT dan 091’ LU -092 LS dengan topography wilayah Desa Legung Timur berada pada ketinggian-0-19 m dari permukaan laut.
Angka curah hujan rata-rata cukup rendah, sebesar 93,00 mm pertahun sebgaimana daerah lain di Indonesia, Desa Legung Timur beriklm tropis dengan kelembaban udara kurang lebih 65% dan suhu udara rata-rata 24-32 , serta curah hujan terendah terjadi pada bulan juni-oktober.
Iklim Desa Legung Timur sama dengan iklim keseluruhan Kabupaten Sumenep, yakni iklim tropis dengan 2 musim, yaitu musim hujan antara November-april dan musim kemarau antara bulan april-november.
Secara administrasi Desa Legung Timur terletak sekitar 6,7 Km dari Ibukota Kecamatan Batang batang, kurang lebih 27,7 Km dari Kabupaten Sumenep, dengan dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga diantaranya di Sebelah utara perbatasan dengan Laut Jawa, sebelah timur berbatasan dengan Desa Dapenda. Di sebelah selatan berbatasan dengan Desa Nyabakan Barat sedangakan di sebelah barta berbatasan dengan Desa Legung Barat. 

Adapun pembagian wilayah pemerintahan Desa Legung Timur terdiri atas delapan Dusun dengan 46 Rukun Tetangga (RT)  yang meliputi :
a. Dusun Bukabu terdiri atas 3 Rukun Tetangga
b. Dusun Legung terdiri atas 3 Rukun Tetangga
c. Dusun Paseser Barat terdiri atas 10  Rukun Tetangga
d. Dusun Paseser Timur terdiri atas 10 Rukun Tetangga
e. Dusun Samburat terdiri atas 6 Rukun Tetangga
f. Dusun Pasaran terdiri atas 4 Rukun Tetangga
g. Dusun Kalerker terdiri atas 4 Rukun Tetangga
h. Dusun Guntong terdiri atas 6 Rukun Tetangga
Luas wilayah Desa Legung Timur sebesar 368,63 Ha. Luas lahan yang ada terbagi dalam beberapa peruntukan, dapat dikelompokan seperti untuk fasilitas umum, pemukiman, pertanian, kegiatan ekonomi, dan lain-lain. Luas lahan yang diperuntukan fasilitas umum diantaranyaluas lahan untuk jalan, kuburan, sungai, dll 2,5 Ha; luas lahan untuk bangunan umum 52,00 Ha. Untuk aktifitas kegiatan perekonomian masyarakat pada umumnya yaitu pertanian yang terdir dari lahan sawah- Ha,  ladang/ tegalan 314,13 Ha.
Adapun jenis tanah pada umumnya termasuk jenis Aluvial dimana jenis tanah ini cukup sesuai untuk kegiatan pertanian namun cukup labil, sehingga mengakibatkan banyak jalan yang cepat rusak.

No comments: