Masyarakat Desa Legung Timur

Tuesday, August 1, 2017

WISATA KASUR PASIR LEGUNG TIMUR SEBAGAI TEMPAT BERSANTAI DAN BISA MENYEMBUHKAN BEBERAPA PENYAKIT

Menikmati waktu bersantai dan beristirahat yang nyaman biasanya orang menempati suatu tempat dengan ruangan suasana sejuk, nyaman atau tempat  dengan pemandangan yang langsung menghadap suatu keindahan alam. Sebagaimana dekorasi kamar tidur biasanya disesuaikan dengan selera masing-masing orang, sehingga kita merasa nyaman saat tidur.
Namun, terdapat pemandangan unik dan tentunya berbeda jika berkunjung ke Desa Leggung Timur Kecamatan Batang-batang, Sumenep, Madura. Disana semua penduduknya bersantai dan beristirahat beralaskan hamparan pasir, Desa yang terkenal dengan kampung pasir ini penduduknya tetap melestarikan kebiasaan langka tersebut secara turun temurun.
Di Desa Legung Timur sendiri setiap rumah pasti ada ruangan untuk pasir sebagai tempat istirahat maupun sekedar berkumpul bersama keluarga, bisa kita lihat ketika jalan maupun berwisata, akan kita temui hamparan pasir disekitar rumah yang dijadikan kasur yang diberi pembatas beton persegi untuk menghindari tersebarnya pasir kemana-mana. Pasir tersebut memang dari hasil beli dari sekitar pantai lombang, akan tetapi ada juga yang hasil pengambilan sendiri olrh masyarakat untuk pribadi. 
Anehnya pasir yang ada di daerah tersebut konon menurut masyarakat setempat dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti: pegal linu, pegel-pegel, rematik, dan penyakit ringan lainnya, bahkan warga di desa ini yang menikah dengan warga desa lain membawa pasir untuk dijadikan sebagai tempat tidur sekaligus terapi kesehatan. Bagi masyarakat kota memang kekhawatiran lengket, gatal-gatal, maupun kemasukan pasir dalam telinga, tapi hal itu semua ditampikan warga Desa Legung Timur. 
Keindahan dan kelebutan pasir tersebut sangat terlihat ketika melihat dari jarak jauh, apalagi dipegang, artinya lebih lembut dari gul pasir yang biasa kita konsumsi.
Hal ini menjadi destinasi wisata tersendiri bagi masyarakat yang ingin berwisata dan menikmati kasur pasir di Desa Legung Timur, apalagi Desa tersebut dipenuhi pohon kelapa yang berderet mengelilingi pemukiman masyarakat serempat, sehingga bisa menikmati kasur pasir dengan memium degan asli. 


No comments: